pengertian pendidikan sepanjang hayat menurut para ahli dan ciri- ciri pendidikan sepanjang hayat
assalamu'alaikum sobat warung edukasi, hari ini kita akan bahas tentang pendidikan sepanjang hayat sebelumnya kita sudah bahas pengertian pendidikan sekarang kta bahas pendidikan sepanjang hayat,
cuus langsung ajaa ya..
sebelumnya, kita telaah dulu apa yang dimaksud sepanjang hayat, sepanjang hayat itu dari awal manusia lahir hingga meninggal dunia.
nah lalu apa yang dimaksud dengan pendidikan sepanjang hayat?
Pendidikan sepanjang hayat merupakan asas pendidikan yang cocok bagi orang-orang yang hidup dalam dunia transformasi dan didalam masyarakat yang saling mempengaruhi seperti zaman globalisasi saat ini.
Pengertian penddkan sepanjang hayat menurut para pakar antara lain :
1.) Delker (1997) menggemukakan bahwa pendidikan sepanjang hayat adalah perbuatan manusia secara wajar dan alamiah yang prosesnya tdak selalu memerlukan guru,pamong atau pendidik. Proses belajar tersebut mungkin tidak didasari oleh seseorang atau kelompok bahwa ia atau mereka sedang terlibat didalamnya. kegiatan belajar sepanjang hayat terwujud apabila terdapat dorongan dorongan pada diri seseoarng untuk memenuh kebutuhan belajar dan kepuasan, serta apabila ada kesadaran dan semangat untuk belajar selama hayat masih dikandung badan.
2.) Gestrelius (!997) menggemukakan bahwa pendidikan sepanjang hayat mancakup interaksi belajar (pembelajaraan), penentuan bahan belajar dan metode balajar, lembaga penyelengggara, fasilitas, adminstrasi, dan kondisi lingkungan yang mendukung kegiatan belajar berkelanjutan. Di dalam pendidikan ini termaksud pula peranan pendidikan dan peserta didik yang harus dan salng sejajar, pengelolaan kegiatan belajar, dan faktor-faktor lainnya yang mendukung proses belajar.
Ciri-ciri pendidikan sepanjang hayat (Cropley 1997:49)
1. Sadar bahwa dirinya harus belajar sepanjang hayat.
2. Memiliki pandangan bahwa belajar hal-hal yang baru merupakan cara logis untuk mengatasi masalah.
3. Bersemangat tinggi untuk belajar untuk semua level.
4. Menyambut baik perubahan.
5. Percaya bahwa tantangan sepanjang hidup adalah peluang untuk belajar hal baru.
cuus langsung ajaa ya..
Pengertian pendidikan sepanjang hayat menurut para ahli
nah lalu apa yang dimaksud dengan pendidikan sepanjang hayat?
Pendidikan sepanjang hayat merupakan asas pendidikan yang cocok bagi orang-orang yang hidup dalam dunia transformasi dan didalam masyarakat yang saling mempengaruhi seperti zaman globalisasi saat ini.
Pengertian penddkan sepanjang hayat menurut para pakar antara lain :
1.) Delker (1997) menggemukakan bahwa pendidikan sepanjang hayat adalah perbuatan manusia secara wajar dan alamiah yang prosesnya tdak selalu memerlukan guru,pamong atau pendidik. Proses belajar tersebut mungkin tidak didasari oleh seseorang atau kelompok bahwa ia atau mereka sedang terlibat didalamnya. kegiatan belajar sepanjang hayat terwujud apabila terdapat dorongan dorongan pada diri seseoarng untuk memenuh kebutuhan belajar dan kepuasan, serta apabila ada kesadaran dan semangat untuk belajar selama hayat masih dikandung badan.
2.) Gestrelius (!997) menggemukakan bahwa pendidikan sepanjang hayat mancakup interaksi belajar (pembelajaraan), penentuan bahan belajar dan metode balajar, lembaga penyelengggara, fasilitas, adminstrasi, dan kondisi lingkungan yang mendukung kegiatan belajar berkelanjutan. Di dalam pendidikan ini termaksud pula peranan pendidikan dan peserta didik yang harus dan salng sejajar, pengelolaan kegiatan belajar, dan faktor-faktor lainnya yang mendukung proses belajar.
Ciri-ciri pendidikan sepanjang hayat (Cropley 1997:49)
1. Sadar bahwa dirinya harus belajar sepanjang hayat.
2. Memiliki pandangan bahwa belajar hal-hal yang baru merupakan cara logis untuk mengatasi masalah.
3. Bersemangat tinggi untuk belajar untuk semua level.
4. Menyambut baik perubahan.
5. Percaya bahwa tantangan sepanjang hidup adalah peluang untuk belajar hal baru.
Komentar
Posting Komentar
silakan komentar sesuai dengan topik pembahasaan